5 cara mengatasi anak kecanduan gadge


Hallo semuanya, Assalamualaikum. ..
Hari ini saya  mau bahas tentang 'cara mengatasi anak kecanduan gadget'...

Nah, kenapa bikin tulisan ini? Emang anaknya udah gk hp sama sekali ?

Terhitung dr tanggal 14 April 2020 kalo gk salah ya. . Saya berniat dan bertekad untuk mengurangi hp ke anak saya...

Di mulai dr satu malam, dia jerit2an sampe kaya kesetanan gitu minta hp sebelum tidur, emang sebelumnya saya kasih2 aja... Karena kerjaan saya d hp kan, jd saya mentengin hp terus.  .. fikir saya biarin aja lah. .. sampai liat anakku malam itu kaya gitu. Saya sendiri ngerasa bersalah dong... Jahat banget si aku, anaknya gini2 aja. . 

Akhirnya saya dan suami sepakat, kerjaan saya sebagian d kerjain dia, biar saya bisa fokus sama anakku...

Alhamdulillah dr sana saya mulai aktivitas kaya homeschooling preschool gitu loh..  bisa d liat d video aktivitasnya di youtube ya (Read : channel youtube Ratu Farisa )

Ternyata .... Gk di sangka, target aku kasih hp dia 1-2 jam aja deh, tp ternyata fix full no hp banget ... Dia lebih seneng mewarnai, dll.   Sampe satu malam dua gk tidur 2 karena gelisah... Ada kebiasaan dia yg hilang kan, 

Tapi Bun... Ada tapi nya nih. .. 
Di Minggu keberapa aku lupa dia minta hp lagi... setelah di fikir2... Dia ngeliat aku yg sedang hp.a... makanya dia minta...

Jadi, sarannya... Kalo mau bener2 full no hp.. 
1. Niat untuk betul2 mengurangi hp untuk anak.

2. Berikan aktivitas lain untuk anak, tapi aktivitas bersama... Jangan asal kasih mainan beres... Tp kita sebagai orang tua juga harus ikut ada dan main bersama anak... Dr sana nnt kita menemukan hal2 yg kita tidak tau soal anak jd tau, kurangnya apa .. kelemahannya apa... Kelebihannya apa. .. yg pasti jd lebih Deket... Anak senang, nyaman, dan yg penting gk STRESS.

3. Buka hp izin anak, atau diluar aktivitas bersama anak... Pokoknya harus izin. .. "bunda buka hp dulu ya, ada kerjaan"... Lama lama anak faham nnt.

4. Kalau2 anak blm bisa ninggalin hp banget ... Kasih aturan sblm di kasih. .. "boleh hp, tp 1 jam aja ya. . Waktunya sholat ya shalat... Makan ya makan. .  Belajar ya belajar.  " 

Karena anaku msh kecil, jd Alhamdulillah gampang banget d alihinnya, apalagi ayahnya jago banget.  .  Misal, dia lagi nntn baru sebentar padahal.  . Tp udah adzan ... Waktunya shalat kan  ... Ayahnya yg selalu pintar ngalihibya.    "Yuk shalat yuk" dengan mimik muka happy gitu, setelah shalat ya udah lupa lagi sama hp ...

5. Point Yg paling penting, kompak antara ayah dan bunda.  .. dan 1 rumah. Akan percuma kalo hanya 1 orang aja yang punya aturan, alangkah lebih baik jika kongkalingkong antar anggota satu rumah ya... 

Oke, itu aja ya bunda untuk hari ini.   Kurang lebih nya mohon maaf... Semua ini pengalaman pribadi... Kalaupun kedepannya Farisa nnt bagaimana bagaimana doakan yg terbaik saja... Mudah2n kita semua bisa menjadi sebaik baiknya orangtua. (Aamien.)



game addict, cyber addict, kecanduan game, cara mengatasi kecanduan game,kecanduan gadget, anak kecanduan gadget, cara mengatasi anak kecanduan gadget, cara mengatasi anak kecanduan hp, cara mengatasi kecanduan gadget, cara mengatasi kecanduan gadget pada anak, cara mengatasi anak kecanduan game, cara mengatasi anak kecanduan youtube, akibat kecanduan gadget, kecanduan gadget pada anak, mengatasi kecanduan gadget, 5 tips cara mengatasi anak kecanduan gadget

Komentar